Wisata Belajar Kec. Ngadirojo

Wisata tempat belajar.


Di Lorok tepatnya Desa Ngadirojo terdapat sebuah Pendopo yang sekarang disebutnya Rumah Pintar Harum Persada. Rumah Pintar ( RUMPIN ) ini tidak seperti rumah pintar pada umunya. Kenapa, harus diberi imbuhan Harum Persada, karena memiliki arti “Harum” yaitu mengharumkan dan “Persada” yaitu Bumi tempat tinngal. Rumah Pintar ini biasanya disebut Kawedanan. Di Kawedanan ini juga terdapat Taman, tempat Tenis, dan kolam renang. Tapi sekarang yang kolam renangnya tidak dipakai, karena sekarang tempatnya tidak terawat. Di Kawedanan kita juga dapat melihat kantor Koramil Kec.Ngadiorojo. Dulunya Kawedanan ini tampak sederhana, tetapi setelah direnovasi dan sekarang tampak indah dan bagus. Di Rumah Pintar Harum Persada disediakan arena bermain anak supaya anak dapat bermain dan berimajinasi serta menumbuh kembangkan potensinya, perpustakaan baca yang menyediakan sekitar 4823 buku dan dimaksudkan untuk member pengetahuan anak - anak, ruang computer yang bertujuan untuk mengenalkan alat teknologi sekarang kepada anak dan remaja khususnya, tempat panggung mini yang ditujukan untuk membentuk kepercayaan diri pada anak, dan ruang Kriya yang digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan juga terdapat alat – alat seperti mesin jahit dan alat batik . Di Rumah Pintar ini juga terdapat jaringan Hotspot yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat untuk ber-internet.

Tempat ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan dulunya sebagai pusat pemerintahan. Dan sekarang tempat ini biasanya juga untuk tempat ramah tamah, entah itu untuk berkumpul dengan saudara membahas sesuatu atau untuk sekedar  ngobrol dengan teman. Tempat ini juga biasa digunakan untuk acara – acara  penting dan tempat untuk Upacara bendera, seperti upacara peringatan hari kemerdekaan kita yang ke- 68 kemarin yang digelar. Bahkan Bupati Pacitan Bapak Indartarto mengatakan bahwa tempat ini adalah salah satu cagar budaya masyarakat  Pacitan, khususnya yang berada di Ngadirojo.

Tujuan didirikannya Rumah Pintar Harum Persada ini untuk meningkatkan pelayanan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat Lorok. Sasaran dari wisata rumah pintar ini adalah masyarakat Lorok, Pegawai atau masyarakat PLTU Sudimoro, dan Wisatawan domestik lainnya. Semoga dikemudian hari Rumah Pintar arum Persada semakin memiliki keindahan yang tidak kalah dari tempat wisata yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar